Selasa, 26 Desember 2017

Pohon Kurma Berbuah di Kalsel

Pohon Kurma Berbuah di halaman rumah makan Rudi Hermanto, Banjarmasin (Kalsel)
Dalam artikel sebelumnya yaitu, "Apakah pohon kurma bisa tumbuh di Indonesia", dapat kami simpulkan bahwa pohon kurma dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi informasi mengenai pohon-pohon kurma yang tumbuh dan berbuah di Kalimantan Selatan. 



Di Kalsel sendiri berdasarkan survey yang dilakukan Masyarakat Pencinta Kurma Banjarmasin atau Banjarmasin Date Palm Society (BDPS) terdapat ratusan pohon kurma yang tersebar di seluruh wilayah Kalsel. Bahkan khusus untuk kota Banjarmasin saja yang terkenal dengan kota seribu sungai terdapat lebih dari 100 pohon kurma yang tumbuh, bahkan sebagian ada yang dapat berbunga dan berbuah.

Paling tidak terdapat 7 foto pohon kurma yang berbuah dan berbunga yang berhasil didokumentasikan oleh BDPS salah satunya seperti foto di atas. berikut foto dokumentasi lainnya beserta lokasinya.

Pohon Kurma Berbunga di Halaman Kantor TVRI Kota Banjarmasin (Kalsel)
Pohon kurma berbuah di halaman Kantor Walikota Banjarmasin (Kalsel)
Pohon kurma berbunga jantan di Desa Sungkai Kab. Banjar (Kalsel)

Pohon kurma berbuah di Masjid Humasa Kab. Tapin (Kalsel)

Pohon kurma umur 3 tahun yang berbunga jantan di Sungai Andai, Banjarmasin
Pohon kurma berbuah di salah satu Masjid di Banjarbaru

Semoga dengan informasi ini, menambah kecintaan kita kepada pohon kurma, pohon berkah yang pohonnya paling banyak disebut di Al Qur'an dan Hadits-hadist Rasulullah SAW serta menambah keyakinan bahwa pohon kurma benar-benar bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia.

Oleh Ahmad Ridha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar