Kamis, 11 Februari 2016

Cara Membibit Sendiri Pohon Kurma dari Biji


Setelah sebelumnya pernah ditulis pembahasan di blog ini mengenai bisa tidaknya pohon kurma tumbuh dan berbuah di Indonesia, maka pada artikel kali ini akan kami sampaikan bagaimana caranya menumbuhkan pohon kurma sendiri dari biji yang biasa daging buahnya kita makan.
 
Menanam bibit kurma memiliki keutamaan tersendiri bagi umat muslim dimana ada salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Anas RA dari Rasulullah SAW yang secara khusus memerintahkan kita untuk menanam bibit kurma meskipun besok akan kiamat. Adapun hadits tersebut berbunyi sebagai berikut :
"Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang diantara kalian ada bibit kurma maka apabila dia mampu menanamnya sebelum terjadinya kiamat maka hendaklah dia menanamnya." (HR. Imam Ahmad 3/183, 184, 191, Imam Ath-Thayalisi no. 2068, Imam Bukhari di kitab Al-Adab Al-Mufrad no. 479 dan Ibnul Arabi di kitabnya Al-Mu'jam 1/21 dari hadits Hisyam bin Yazid dari Anas Radhiyallahu 'Anhu).


Cara membibit pohon kurma dari biji sangatlah mudah, bahkan bisa menjadi kegembiraan bagi kita sekeluarga untuk melatih amal yang dianjurkan sampai menjelang hari kiamat ini, yaitu menanam kurma.

Berikut adalah petunjuk sederhana untuk mulai membibit kurma sendiri :

Pertama, cari kurma yang enak dan anda sukai di pasaran, daging buahnya silahkan dimakan dan kumpulkan bijinya.

Kumpulkan biji setelah daging buah dimakan, foto purwatiwidiastuti.wordpress.com

Kedua, Bersihkan sisa-sisa daging buah pada biji kurma kemudian rendam biji kurma tersebut selama 24 jam, setelah itu bersihkan lagi sisa-sisa daging buah yang masih ada kemudian rendam sekali lagi untuk 24 jam berikutnya.

Bersihkan dan rendam biji kurma foto organikilo.co

Ketiga, Biji yang benar-benar bersih tempatkan pada kota plastik yang terjaga kelembabannya (contoh kotak makan anak-anak) kemudian didasarnya ditaruh kerta tisu atau kapas basah, biji kurma ditaruh di atas tisu basah ini dan kotak ditutup.

Menyemai bibit kurma

Keempat, sekitar hari ke-15, biji akan mulai mengeluarkan bintik putih sebagai bakal akar tunggu sampai mencapai panjang satu atau dua sentimeter maka biji sudah bisa dipindahkan ke pot-pot kecil yang diisi media tanam. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwK5_b5CGaopPbF0FqGCS1GCRwzErs8Bcv1py7aWiylHKZdlNoWGI2VoPidoDPIVsV9aVeSdy5Xt8OmtXs8WbLBu-qsEz8AhU3Pg2Bg0aTcSaWq8AduhzhTAdLH9nlJQsHdeiVGCHRYZVz/s320/Kecambah+Biji+Kurma+Cepat+Tumbuh.JPG
Biji Kurma mengeluarkan bakal akar foto www.organikilo.co
Kelima, Sekitar satu bulan di media tanam, dari akar putih tadi akan mulai muncul daun.

http://pak-ni.pun.bz/files/aku-1.jpg
Setelah 1 bulan akan muncul daun foto pak-ni.pun.bz


Keenam, setelah daun mencapai ketinggian 60 cm atau lebih pindahkan ke polybag atau pot yang besar atau tanah yang sesuai.

Setelah bibit mulai besar bisa ditanam di polybag atau langsung di tanah

Dengan cara sederhana ini kita sudah bisa menanam kurma sendiri. Namun dengan cara menumbuhkan seperti ini kita tidak tahu apakah kurma yang kita tanam nantinya tumbuh sebagai pohon kurma jantan atau kurma betina karena yang bisa berbuah hanya pohon kurma betina. Namun untuk dapat berbuah pohon kurma betinapun memerlukan serbuk sari dari pohon kurma jantan. 

Apapun jenis kelamin pohon kurma yang akan kita tumbuhkan nantinya semoga menghasilkan berkah dan berbuah pahala bagi kita sekalian. aminn...

Oleh : Ahmad Ridha     
   

2 komentar:

  1. jika kurma yg kita anam itu berbuah atau membuahi kurma betina maka itu adalah sedekah. Sedekah kurma akan melindungi kita nanti dari dahsyatnya padang masyhar....InshaAllah

    BalasHapus
  2. Mohon ijin dicopy. Terima kasih infonya smg menjadi amal ibadah.

    BalasHapus