Selasa, 16 Februari 2016

Harga Buah Kurma Asli Indonesia


Bagi rekan-rekan para penggiat budidaya pohon kurma di Indonesia apabila pohon kurmanya sudah berbuah merupakan suatu nikmat dan keberkahan yang luar biasa. Setelah panen buahnya bisa dimakan sendiri, dibagikan kepada keluarga dan tetangga atau bahkan bisa dijual apabila ternyata banyak berlebih. Namun yang menjadi pertanyaannya bagaimana dengan hitungan ekonominya atau harga jualnya saat ini ?, 


Kurma paling tinggi harganya adalah kurma yang dijual dalam keadaan segar (fase Ruthab). Selain segar kurma pada fase Ruthab ini juga amat manis dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Namun kurma segar seperti ini hanya bisa bertahan antara 3 - 4 minggu saja sehingga kurma seperti ini sangat jarang ada di Indonesia kecuali dapat oleh-oleh dari orang yang baru datang umroh itupun kalo mereka umroh bertepatan dengan panen kurma. Sedangkan kurma yang sering kita jumpai di pasar-pasar, swalayan dan mall-mall di Indonesia hanyalah kurma kering.
 
Kurma Segar Fase Ruthab (Foto : Asosiasi Kurma Indonesia)
Kurma segar harganya lebih tinggi daripada kurma kering yang sering kita jumpai di Indonesia. Di Arab Saudi kurma segar pasarannya mencapai 100,- Riyal atau sekitar Rp 366.000,- / Kg. Bagaimana dengan harga di Indonesia? kalo yang dijual adalah kurma segar asal Arab Saudi tentunya akan lebih malah dari harga tersebut.

Di Indramayu - Jawa Barat ada petani kurma yang sudah mulai menjual hasil panenannya beberapa tahun terakhir ini. Menurut Bapak Muhaimin Iqbal Pengurus Pusat The Indonesian Date Palm Association (Asosiasi Kurma Indonesia) menyampaikan berdasarkan kunjungan beliau ke Indramayu - Jawa Barat, petani kurma disana menjual buah kurma segar hasil panenannya seharga Rp 350.000,- / Kg.

Kurma berbuah lebat di Indramayu (Foto : geraidinar.com)

Kurma sudah mulai bisa berbuah mulai umur 4 - 10 tahun. Pohon kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80 s/d 120 kg buah / tahun bahkan menurut Asosiasi Kurma Indonesia yang berkunjung ke perkebunan kurma tropis di Thailand, hasil panen kurma tropis di sana bisa mencapai 300 kg / pohon per tahun.

DI Indonesia masih belum ada statistik yang resmi mengenai hasil perkebunan kurma karena memang kebanyakan pohon kurma di Indonesia kebanyakan masih berupa lifestyle, hobi atau sekedar tanaman hias. Hanya sebagian kecil yang benar-benar mengembangkan dalam skala perkebunan.

Berdasarkan salah seorang pejabat senior di Bank Indonesia yang juga ikut mendalami kurma yang sempat mempelajari langsung dari petani-petani kurma yang sukses di Thailand menyampaikan bahwa penghasilan satu pohon kurma tersebut memiliki nilai ekonomi yang setara dengan satu hektar sawit.

Perkebunan kurma tropis KL-1 di Thailand
Kita ambil saja data hasil panen kurma Indonesia di titik pertengahan yaitu 100 kg / tahun per pohon maka satu pohon kurma berpotensi menghasilkan Rp 35 juta per pohon per tahun bila dijual dalam keadaan segar.


Satu hektar pohon sawit yang baik rata-rata menghasilkan 30 ton per tahun, sedangkan  harga sawit yang berlaku saat ini adalah Rp 1,150/kg TBS (Tandan Buah Sawit). Maka hasil tahunan 1 hektar lahan yang ditanami sawit yang baik saat ini adalah Rp 34.5 juta. Sekarang Anda bisa melihat, potensi hasil 1 pohon kurma ini bahkan lebih tinggi dari potensi hasil 1 hektar pohon sawit.

Bagi yang ingin membudidayakan kurma amatlah mudah bahkan bisa kita tanam sendiri dari biji kurma yang biasa buahnya kita makan. Tinggal beli buah kurma yang anda rasa enak di pasar-pasar Indonesia, daging buahnya dimakan dan bijinya kita tanam. Adapun caranya ada saya tulis di blog ini pada judul Cara Menanam Kurma dari Biji.
 

Sumber geraidinar.com disusun ulang oleh Ahmad Ridha

11 komentar:

  1. dimana bisa beli bibit kuljar pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Kuljar bisa dibeli dari luar negeri yaitu di DPD Ltd (Date Palm Development), perusahaan ini fokus pada pembibitan kurma dengan kuljar. berikut websitenya :
      http://www.date-palm.co.uk/

      Namun, setahu saya utk pembeliannya harus dalam kuota tertentu, misalnya 1.000 benih. Harga benihnyapun diantara 400 s/d 600rb per bibitnya sehingga apabila harus membeli 1.000 benih agak lumayan harganya.

      Saran saya sebaiknya bapak bergabung di grup facebook Indonesian Date Palm Assosiation (Asosiasi kurma Indonesia) di link berikut
      https://web.facebook.com/groups/192780457719976/

      Anggota asosiasi tersebut sudah beberapa kali membeli kurma kuljar dari luar negeri dengan cara grup buy (beli urunan) sehingga kuota yg diberikan dapat terpenuhi.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. mungkin untuk dapatkan bibit kurma atau bahkan kita bisa miliki langsung, bisa cek di mari @Keluargaku
      http://prosyar.co.id/

      Hapus

  2. Assalamualaikum Wr Wb.
    Saya ingin tanyakan apakah rasa, kandungan kimia dan gizi kurma yg tumbuh di daerah tropis, terutama di Indonesia sama dengan yang tumbuh di negri asalnya, Timur tengah? Terima kasih atas jawabannya. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Utk pohon kurma yang berbuah di Indonesia, buahnya tidak bisa matang sempurna seperti di negeri timur tengah karena utk bisa matang buah kurma memerlukan udara atau angin yang sangat panas seperti di negeri asalnya.

      Namun, utk bisa mematangkannya petani-petani kurma di Indonesia tidak kekurangan ide, mereka melakukan penanganan pasca panen kepada buah kurma dengan melakukan bantuan kenaikan suhu terhadap buah kurma tersebut.

      teknik mematangkan buah kurma ini sudah saya bagikan di blog ini pada link berikut :
      http://borneodatepalm.blogspot.co.id/2017/12/agar-pohon-kurma-dapat-berbuah-matang_27.html

      Di link tersebut ada teknik mematangkan dengan meletakkan buah kurma tersebut di dalam mobil yang mana mobil tersebut diletakkan di bawah terik matahari sehingga menjadi seperti oven dikisaran 45-50 derajat celcius.

      Untuk aplikasi dikebun kurma atau skala komersial bisa dibuat seperti kotak penetas telur ayam tapi diset suhunya dikisaran 45-50 derajat celcius karena di suhu inilah ternyata buah kurma bisa matang di negeri asalnya.

      Menurut pengalaman setelah 3 jam pemanasan, kurma yang tumbuh dan dipetik di negeri ini Inshaallah akan seperti kurma yang baru dipetik di negeri Arab baik warna tekstur maupun rasanya... uenak...

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Dimana gan alamat di kabupaten Indramayu yang ada pohon kurma berbuah lebat. .anna mau berkunjung nih. .mantap. .makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pohon kurma yang berbuah lebat di Indramayu kami kurang mengetahui dimana lokasinya. adapun informasi pohon kurma indramayu tersebut kami dapat dari website www.geraidinar.com di link artikel berikut :
      http://geraidinar.com/using-joomla/extensions/components/content-component/article-categories/81-gd-articles/entrepreneurship/1638-paket-kebijakan-ekonomi-berbasis-domba-dan-kurma

      Hapus
  4. kami menjual
    Biji kurma KL 1
    bibit kurma kl1 umur 7bln,1th,1,5 th
    Bibit kurma ajwa
    Bibit kurma degled nour
    Bibit kurma yellow barhe
    Bibit kurma red barhee
    Hub WA 085315907988/082364828345

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesan buahnya saja brp per kilo kurma thailand

      Hapus
  5. Assalamualaikum apa ada cara kusus perawatan pada pohon kurma biar cepat berbuah dari musirawas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagaimana tanamanan lainnya, pohon kurma tentu juga membutuhkan perawatan, mulai dari tanah, pemupukan, pengairan, pencahayaan dan lainnya. Hal ini terus diteliti oleh Indonesia Date Palm Association (IDPA) atau asosiasi pohon kurma Indonesia. Salah satu proyek penelitian kurma IDPA di Indonesia ada di daerah Sumatra tepatnya di masjid Raya An Nur Riau.

      Hapus