Rabu, 16 Maret 2016

Perintah Menanam Pohon Kurma


" Jika hari kiamat telah tegak sedang di tangan seorang diantara kalian terdapat bibit pohon kurma: jika ia mampu untuk tidak berdiri sampai ia menanamnya, maka lakukanlah". (Hadis Riawayat Imam Ahmad 3/183,184,191, Iamam Ath-Thayalisi No. 2068, Imam Bukhari di kitab Al Adab Al Mufrad No. 479 dan Ibnu Arabi di kitab Al Mu'jam 1/12 dari Hadits Hisyam bin Yazid dari Anas Radhiyallahu 'anhu)

Dari hadits di atas ada satu amalan yang begitu pentingnya sehingga diperintahkan  untuk tetap dilakukan meskipun peristiwa kiamat sudah terjadi, amalan tersebut adalah menanam pohon. Secara umum, hadits tersebut memerintahkan kita untuk menanam pohon utamanya pohon buah. Namun, yang lebih menarik dalam hadits di atas mencontohkan pohon yang ditanam adalah pohon kurma padahal pohon ini dikenal sebagai pohon khas timur tengah.


Hadits tersebut mengambil contoh pohon kurma sebagai bibit pohon yang ditanam tentunya tidaklah sembarangan. Ternyata pohon kurma secara ilmiah bisa tumbuh di rentang suhu antara 4 s/d 40 derajat celcius, bisa tumbuh di dataran tinggi, sedang hingga rendah bahkan pohon kurma mampu bertahan dengan kondisi air yang mengandung garam yang tinggi (12.000 ppm) ketahanan tesebut 10 kali lebih kuat daripada tumbuhan pada umumnya yang hanya mampu bertahan di kondisi air yang mengandung garam 1.200 ppm saja.


Berdasarkan data tersebut, maka pohon kurma secara ilmiah bisa tumbuh di berbagai belahan dunia manapun termasuk Indonesia yang amat subur ini. Menumbuhkan pohon kurma amatlah mudah bahkan bisa kita tumbuhkan dari biji kurma yang biasa daging buahnya kita makan terutama saat berbuka puasa sebagaimana tulisan kami dalam blog ini berjudul Cara Menumbuhkan Kurma dari Biji.

Menanam pohon buah juga memiliki keutamaan tersendiri dimana bisa menjadi sedekah berkelanjutan selama pohon itu masih ada, bahkan juga dilanjutkan oleh benih-benih yang tumbuh dari pohon tersebut hingga hari kiamat sebagaimana hadits berikut.
" Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya". (HR. Al-Bukhari dan Muslim)


Sebagai umat muslim menanam pohon juga berkaitan dengan tugas kita di dunia yaitu memakmurkan bumi sebagaimana ayat Al Qur'an : " .... Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya..."? (QS 11:61)

Oleh karena itu, menanam kurma mempunyai keistimewaan tersendiri dimana selain kita bisa mengamalkan hadits Rasulullah SAW, kita juga bisa menjalankan perintah Allah SWT dalam menjalankan tugas memakmurkan bumi dimana saat pohon kurma mulai berbuah dan dimakan oleh burung, binatang maupun manusia akan menjadi sedekah bagi kita. Pohon kurma bahkan bisa berusia hingga 100 tahun lebih, itu artinya kita bisa bersedekah hingga 100 tahun lebih bahkan walau kita sudah meninggal dunia.

Disusun oleh Ahmad Ridha

5 komentar:

  1. Biji kurma KL 1 hrg 17 rb/biji,
    Bibit kurma ajwa 170 rb.
    Bibit kurma degled nour 120 rb
    Bibit kurma KL 1 hrg 100 rb
    Bibit kurma red barhee 90 rb
    Bibit kurma yello barhee 90 rb
    Kurma jantan sudah berbunga 3 jt
    Kurma betina sudah mulai berbuah 10 jt.
    Hub WA 085315907988/082364828345.
    Pin D0A8DC68

    BalasHapus