Selasa, 24 Maret 2015

Pohon Kurma


Kurma (Phoenix dactylifera) adalah pohon yang paling banyak disebut di Al-Qur’an, ada setidaknya tidak kurang dari 20 kali penyebutan dalam berbagai konteks. Ini menunjukkan bahwa pohon kurma ini adalah pohon yang istimewa untuk kehidupan manusia.

Penyebutan di Al-Qur’an tersebut bahkan juga dikuatkan dengan berbagai hadits Nabi yang sangat banyak yang terkait dengan kurma ini. Baik itu dalam konteks keberkahan pohon kurma – keberkahannya seperti keberkahan seorang muslim, konteks mencegah kelaparan sampai sebagai sumber pengobatan berbagai penyakit.



Berbagai riset modern membuktikan bahwa kurma menurunkan risiko jantung, kanker, hipertensi, diabetes, menurunkan LDL kolesterol, dan sebagainya. Mengkonsumsi kurma juga sangat baik dilakukan oleh ibu-ibu yang menyusui karena buah kurma berperan dalam meningkatkan kualitas ASI.

Pohon kurma selama ini disalah fahami sebagai tanaman orang Arab, padahal di daerah ini khususnya di Thailand yang iklimnya sangat mirip dengan Indonesia – mereka sudah menanam ratusan ribu hektar kurma dan sudah merencanakan untuk menjadi eksportir kurma dunia dalam waktu yang sangat dekat – saat ini kebun-kebun kurma mereka sudah siap panen!

Dalam hal pengembangan kurma, Indonesia masih sangat jauh ketinggalan dibandingkan Thailand – bahkan bila tidak ada upaya untuk menggerakkannya, sudah hampir pasti Indonesia akan menjadi importir kurma dari Thailand menyusul impor buah lainnya seperti durian, dan sebagainya.

Di Indonesia, pohon kurma baru sebatas hobi dan lifestyle – menanam untuk kegemaran saja. Bahkan banyak yang mengira pohon ini tidak bisa tumbuh baik dan berbuah di Indonesia. Dengan bukti yang sangat masif di Thailand tersebut, keraguan ini mestinya sudah tidak perlu lagi.

Salah satu yang mulai serius melakukan pembibitan kurma di Indonesia dilakukan oleh Jonggol Farm di daerah Jonggol, Jawa Barat.

 (Pembibitan Kurma di Jonggol Farm)

Pembibitan dengan biji sudah berhasil dan bahkan sudah banyak disebar luaskan, hanya saja pembibitan dengan biji ini belum menghasilkan jenis kelamin pohon kurma yang teridentifikasi dari awal. Artinya masih harus menunggu pohon-pohon tersebut berbunga paling cepat sekitar tujuh tahun yang akan datang untuk mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina.


Pohon kurma yang dapat berbuah hanyalah pohon kurma betina, namun demikian, untuk bisa berbuah, pohon kurma betina memerlukan serbuk sari pohon kurma jantan untuk dapat melakukan pembuahan. pohon kurma bukan hanya kita perlukan buahnya. Serbuk sari jantan bisa menjadi bahan baku industri makanan suplemen yang sangat baik untuk kesehatan.

(Pohon kurma yang ditanam di Jonggol Farm)

Lebih dari itu, pohon kurma juga disebut secara khusus di Al-Qur’an (QS 36:34) sebagai pohon yang bisa memancarkan mata air atau bahkan mengalirkan anak sungai (QS 19:24). Artinya kebun-kebun kurma bisa menjadi solusi untuk konservasi mata air sebagi sumber penghidupan di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar