Rabu, 17 Februari 2016

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma


Tentunya kita tidak asing lagi jika mendengar buah kurma, buah yang paling sering disebut di Al Qur'an ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Apabila kita tahu betapa banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah kurma tentunya kita akan sangat berkeinginan membeli dan mengkonsumsinya. Pada artikel ini akan kami sampaikan beberapa manfaat dan khasiat buah kurma yang diambil dari berbagai sumber.


Buah kurma mengandung banyak zat gula serta 6 unsur makanan penting lainnya seperti lemak, protein, vitamin dan mineral dan air. Dalam 7 butir buah kurma setara dengan 100 gram yang mengan gula 75gr, glukoasa, frugkrosa, sukrosa, selulosa. Kurma juga mengandung selulosa 4gr air 22.5 protein 2.5gr, lemak 2.5 gr, mineral potassium 79 gr, mengandung fosfat 21miligram, belerang 65 miligram zat besi 5 miligram, magnesium 65 miligram, kalsium 65 miligram, fosfor 72 miligram, serta mengandung 7 asam amino esensial yaitu lisin, valin, leosin, arginin, teorinin, isalosin dan tritopan, vitamin A 65miligram B1 0.08 miligram B2 0.05 CO 2 hingga 2.6miligram, juga asam glutation sebagai antioksidan 100 gram kurma mengandung 350 kalori. Kurma juga mengandung kalsium mangan vitamin K dan Bkompleks. Dengan kandungan ini kurma merupakan buah sempurna karena hampir memenuhi semua kebutuhan gizi.

Dengan banyaknya gizi yang ada pada buah kurma tersebut, tentunya akan sangat banyak khasiat dan manfaatnya. Di artikel ini akan ditulis sebagian kecil dari sekian banyak khasiat dan manfaat buah kurma yaitu sebagai berikut :

1. Bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui, Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [Maryam : 25-26]  berdasarkan ayat dalam Al Qur'an tersebut berdasarkan penelitian kurma mengandung triptofan, karbohidrat, omega-3, vitamin C, vitamin B6, Mg, Ca2+ dan Zn. Zat-zat tersebut bekerja saling mempengaruhi satu sama lain untuk meningkatkan kadar serotonin otak sehingga mampu mengatasi depresi. zat besi pada kurma dapat mencegah anemia bagi ibu hamil. hormon oksitosin dalam kurma memperlancar persalinan dan asi. kandungan glukosa dan fruktosa serta karbohidrat menambah kekuatan dalam proses persalinan. Mengandung kalium yang bagus untuk mempertahankan kontraksi otot jantung. Mengandung Nutrisi Kalium yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada janin.

2. Penangkal racun, Saad ra mendengar Rasulullah bersabda, " Barang siapa memakan tujuh butir kurma ajwah di pagi hari, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya pada hari itu." (HR. Bukhari). Berdasarkan  hadits tersebut apabila dikaji dengan sudut pandang medis sebagaimana kandungan gizi 7 butir kurma seperti disampaikan di atas maka sangat memungkinkan apalagi di dalam kurma terdapat kandungan vitokimia serta zat antioksidan yang mampu melawan racun.

3. Sumber energi, kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seper glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma merupakan camilan yang sangat baik jika anda memerlukan tambahan energi dengan cepat terutama sehabis berpuasa.

4. Menjaga kesehatan usus, kurma yang kaya serat dapat membantu selaput lendir usus dan mengikat bahan kimia sehingga mencegah kanker usus besar. Serat yang tinggi juga bermantaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar. Kandungan potassium dalam kurma dikenal efektif untuk mengendalikan diare.

5. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, kandungan mineral yang sangat tinggi pada buah kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seprti osteoporosi. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai melemah.  

6.  Menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A pada buah kurma sangat berguna bagi mata.

7. Mencegah anemia, kandungan zat besi dan B kompleks mikro nutrient untuk membentuk sel darah merah untuk mencegah anemia. Zat besi juga meningkatkan energi dan tenaga serta disaat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.

8Menjaga kesehatan jantung, Kalium yang terdapat dalam kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap jantung koroner dan stroek.

9. Meningkatkan kebugaran pria, kandungan zinc dalam kurma meningkatkan hormon tesotsteron sehingga menjadi obat alami kebugaran pria.

Demikian sebagian kecil dari beberapa manfaat dari buah kurma. Dengan banyaknya kandungan gizi pada buah kurma, amat sayang apabila menu buah ini tidak ada dalam salah satu menu makanan kita.



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar