Minggu, 14 Februari 2016

Cara Mengawinkan Kurma Agar Berbuah Sempurna


Sebagaimana kita ketahui, bahwa pohon kurma termasuk tanaman jenis dioecious atau dikenal tumbuhan berumah dua dimana bunga jantan dan betinanya berada pada pohon yang berbeda. Pohon kurma yang dapat berbuah hanya pohon kurma betina namun untuk dapat berbuah sempurna maka bunga betina harus mendapat serbuk sari atau dikawinkan dengan bunga jantan. Apabila tidak dikawinkan bakal bunga kurma betina tetap dapat menjadi buah namun tidak memiliki biji.

Setelah sebelumnya kita telah dapat menentukan mana bunga jantan dan bunga betina pada pohon kurma seperti artikel yang ditulis dalam blog ini di artikel Cara Menentukan Jenis Kelamin Pohon Kurma maka kali ini kita akan menulis bagaimana cara mengawinkan bunga kurma agar bisa berbuah.


Penyerbukan kurma bisa terjadi secara alami seperti oleh angin maupun penyerbukan oleh serangga namun penyerbukan ini sangat jarang terjadi sehingga diperlukan penyerbukan manual dengan bantuan manusia agar  pohon kurma dapat berbuah.

kiri gambar bunga kurma jantan, kanan gambar bunga kurma betina (foto : agromuslim.com)

Saat pohon kurma telah dewasa dan siap kawin ditandai dengan pohon kurma yang sudah mulai berbunga maka agar kurma bisa berbuah dengan sempurna diperlukan langkah-langkah sebagai berikut :

Pertama, menyiapkan bunga kurma jantan, satu pohon kurma jantan bunganya bisa digunakan untuk menyerbuki 20 - 25 pohon kurma betina.

Bunga kurma jantan yang telah dipangkas (foto : pohonkurmamalysia.blogspot.com)
Kedua, kita ikat bunga jantan pada bunga betina atau merontokkan serbuk sari bunga jantan pada bunga betina sehingga terjadi penyerbukan untuk proses menghasilkan buah.

mengikat bunga kurma jantan (warna putih) pada kurma betina (warna kuning) foto : akun facebook petani tua

Ketiga, Setelah terlihat buahnya seperti anggur hijau harus dirawat dengan memberikan asupan gizi yang cukup bagi tanaman seperti penyiraman dan pemupukan organik.

Buah kurma yang baru muncul (foto : wikimedia.org)
Keempat, saat buah makin ranum dan siap panen bisa dilakukan pengamanan dengan membungkusnya atau menutupnya agar buah bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terhindar dari cuaca dan hama seperti burung, tupai dan binatang lainnya. 

Buah kurma yang dibungkus pada pohonnya untuk keamanan (foto : ardisfamily.wordpress.com)

Kurma biasanya mulai bisa berbuah setelah umur 10 tahun jika pada kondisi iklim yang panas seperti di Gurun pasir Timur Tengah. Namun di Indonesia menurut kesaksian para penggiat kurma Indonesia, pohon kurma ada yang sudah bisa berbuah antara 4 - 5 tahun. Hal ini terjadi karena Indonesia beriklim tropis dan kondisi alamnya yang lebih subur daripada Timur Tengah. 

Sangat mudah untuk menumbuhkan kurma bahkan dari biji yang biasa daging buahnya kita makan. Bagi yang tertarik menumbuhkan kurma dengan cara tersebut anda bisa membaca artikel dalam blog ini yang berjudul Cara Membibit Sendiri Pohon Kurma dari Biji. Bagi para penanam pohon kurma semoga pohon yang kita tanam tersebut kelak menghasilkan buah yang lebat sehingga bisa memberi makan dunia amin....

Disusun Oleh Ahmad Ridha     

. 

3 komentar:

  1. saya memiliki sebatang kurma yang disemai sendiri berumur 6 tahun. sejak umur 4 tahun mula berbunga lebih dari 10 kali berbunga warna putih. tidak pernah menjadi buah, mungkin tidak berlaku proses pendebungaan secara semula jadi. apa cara untu menjadikanya berbuah/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kemungkinan pohon kurma Pa Zakaria merupakan pohon kurma jantan yang berbunga warna putih memang tidak bisa berbuah. Adapun pohon kurma yang bisa berbuah adalah pohon kurma betina dengan bunga berwarna kuning. Bunga warna putih pada pohon kurma jantan diambil serbuk sarinya untuk proses pendebugan bunga pada pohon kurma betina. Meskipun Pa Zakaria tidak memiliki pohon kurma betina, namun serbuk sari bunga pohon kurma jantan di negeri arab merupakan salah satu suplemen makanan bagi kesehatan. Serbuk sari jantan bisa langsung dimakan atau dicampur dengan madu untuk suplemen kesehatan.

      Hapus
    2. untuk membedakan mana bunga kurma betina maupun bunga kurma jantan sudah ada kami share di blog ini pada
      https://borneodatepalm.blogspot.com/2016/02/cara-menentukan-jenis-kelamin-pohon.html

      Hapus